Paluma Berhasil Tanggulangi Kemiskinan di Kecamatan Rajabasa




KALIANDA - Paluma Nusantara bersama Pemkab Lampung Selatan terus melakukan program  penanggulangan kemiskinan di wilayah Kecamatan Rajabasa dan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan. Sebelum berakhir, Program Tangguh Siap ini dilakukan kunjungan lapangan validasi di tiga lokus desa yang dijadwalkan pada Senin - Rabu (23 -25/9/2024) 


Kunjungan lapangan validasi pertama berlangsunh di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Senin (23/9/2024) tepatnya di Warung Kue Kreatif di Pantai Kunjir. Diketahui 9 orang warga yang semula tidak memiliki penghasilan kini telah memiliki penghasilan dari penjualan kue.


"Ya, walaupun tidak seberapa yang dapat. Tapi, kini 9 orang sudah punya penghasilan seperti penjaga waeung kue kreatif di pantai Kunjir ini bisa mendapatkan pengasilan Rp20 ribu dengan kerja dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB," ujar anggota Paluma, Yuwono, ketika melakukan validasi Program Tangguh Siap di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.


Selain itu, kata dia, Warung Kue Kreatif yang telah berdiri satu tahun lalu juga memiliki uang kas sebesar Rp400 ribuan. 


"Untuk kue kreatif modalnya Rp800/buah dijual dengan harga Rp1.000. Jadi, ada keuntungan sebesar Rp200. Keuntungan tersebut bisa buat beli plastik dan upah (gaji) para pekerja,"katanya.


Apabila ada kendala, jelas dia, hal ini akan dibahas dalam Berbagi Pengalaman (Balam,red). "Jadi, kita akan rembukan dan bahas bersama di Balam. 


"Kami dari Paluma juga akan memberikan pendampingan. Bahkan, kami juga memberikan pengetahuan mengenai pembukuan. Sehingga, hal ini bisa terlihat bagaimana perkembangan usaha yang dilakukan masyarakat," pungkasnya. (red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.