Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan RSUD dr. H. Bob Bazar Hasilnya Sangat Baik

 


 

KALIANDA – RSUD dr. H. Bob Bazar SKM patut berbangga hati. Sebab hasil penilaian indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RS plat merah pada tahun 2023 di Bumi Khagom Mufakat ini dinilai sangat baik.

 

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada semester 2 tahun 2023 di peroleh hasil bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat di Instalasi Rawat Jalan pada semester 2 tahun 2023 sebesar 83,85 atau dalam kategori “Sangat baik”.

 

“Berdasarkan hasil tersebut Indeks Kepuasan Masyarakat sudah dalam kategori sangat baik, oleh karena itu untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan tahun mendatang, maka perlu dilakukan beberapa perbaikan,” kata Direktur RSUD dr.H. Bob Bazar, dr. Reny Indrayani.

 

Orang nomor satu di RSUD kebanggan masyarakat Lampung Selatan ini menerangkan, salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan yang disediakan.

 

“Secara garis besar terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan untuk menilai kinerja pelayanan publik, yaitu pendekatan yang melihat kinerja pelayanan dari perspektif pemberi layanan dan pendekatan yang melihat kinerja pelayanan dari perspektif pengguna layanan atau publik,” ujarnya.

 

Lebih lanjut Reny mengatakan, guna memahami keinginan, kebutuhan serta harapan pelanggan maka kunci keberhasilan ada pada pelayanan di sektor jasa, tidak terkecuali jasa pelayanan kesehatan.

 

Reny tak menampik bahwa terdapat tantangan lain yang dihadapi oleh penyedia layanan kesehatan adalah sistem pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2014 oleh Presiden Republik Indonesia.

 

“Tingkat keberhasilan RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM dalam menjalankan peranannya sebagai Rumah Sakit Daerah sangat ditentukan pada tingkat kualitas pelayanan publik yang disediakan,” katanya lagi.

 

Menejement RSUD Bob Bazar tentunya sudah menyiapkan formulasi untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan. Reny bilang untuk  menghadapi tantangan tersebut perlu penerapan nilai-nilai manajemen yang paripurna untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara konsisten dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat.

 

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Bob Bazar Kalianda dr. Djohardi mengatakan pencapaian tersebut adalah buah dari kerjasama antarlini di RSUD Bob Bazar. Hal ini juga merupakan buah dari pelayanan kesehatan yang diberikan secara transparan, cepat, tepat, murah, sederhana dan mudah dilaksanakan serta tidak diskriminatif.

 

“RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM memiliki visi terwujudnya masyarakat Lampung Selatan yang berintegritas, maju dan sejahtera dengan semangat gotong royong,” ucap Djohardi.

 


Untuk mencapai visi tersebut RSUD Dr.H.Bob Bazar, SKM Kabupaten Lampung Selatan melakukan tugas dan fungsi termuat dalam misi yakni menigkatkan kualitas sumber daya manuasia melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan serta kesejahteraan sosial.

 

Perlu diketahui, survei ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Nomor 14 Tahun 2017 Tanggal 9 Mei 2017 yang merupakan penyempurnaan dari Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16 tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik yang selama menjadi pedoman pelaksanaan survei kepuasan masyarakat yang dilaksanakan di RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM. (*)

 

Berikut kesimpulan yang berhasil dirangkum oleh tim redaksi media ini :

 

1. Indeks Kepuasan Masyarakat di Instalasi Rawat Jalan pada semester 2 tahun 2023 sebesar 83,85 atau dalam kategori ”Sangat Baik”. Nilai indeks ini mencapai target SPM Permenpan no 14 tahun 2017 (76,61-88,30) dalam kategori “Sangat Baik”.

 

2. Indeks Kepuasan Masyarakat di Instalasi Rawat Inap pada semester 2 tahun 2023 sebesar 85,24 atau dalam kategori ”Baik”. Nilai indeks ini mencapai target SPM Permenpan no 14 tahun 2017 (76,61-88,30) dalam kategori “Sangat Baik”.

 

3. Indeks Kepuasan Masyarakat di Instalasi Gawat Darurat pada semester 2 tahun 2023 sebesar 82,96 atau dalam kategori ”Baik”. Nilai indeks ini mencapai target SPM Permenpan no 14 tahun 2017 (76,61-88,30) dalam kategori “Sangat Baik”.

 

 4. Indeks Kepuasan Masyarakat secara keseluruhan di RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM pada semester 2 tahun 2023 adalah sebesar 84,01 atau dalam kategori ”Sangat Baik”

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.